Thursday, September 4, 2014

Contoh Rangkuman Buku.


kegiatan merangkum, merupakan salah satu kegiatan dalam pembelajaran bahasa indonesia,
saya menemukan beberapa contoh rangkuman dari buku pengetahuan umum waktu saya duduk di SMP Negeri 1 Ciawi diantaranya :
Contoh Rangkuman :
--------------------------------------
Judul Buku           : Ancaman Dari Atas
Nama Pengarang  : Yoko SW
Penerbit                : Cahayu Ilmu
Tahun Terbit         : 1996
Cetakan Ke           : Tiga 1997
Tebal Halaman     : 75 Lembar
Contoh Ancaman Dari Luar
1.    Meteorid. Banyaknya meteorid dari berada diluar angkasa., Dapat memungkinkan meteorid menerobos atmosfer Bumi.
2.    Matahari. Dari jarak matahari tentu jauh dari Bumi. Tetapi matahari dapat memancarkan sinar yang berbahaya dan panas yaitu atom-atom hidrogen, sinar ultra violet dll.
Pelindung Bumi
        Dari ancaman-ancaman tersebut, untungnya bumi mempunyai pelindung Bumi. Udara yang menyelimuti bumi dinamakan atmosfer. Atmosfer-atmosfer tersebut menjaga planet kita dari segala ancaman dari luar. Atmosfer tersebut terduri dari beberapa lapisan, diantaranya :
  1. Troposfer yaitu lapisan udara disekitar permukaan bumi.
  2. Stratosfer atau sering disebut lapisan ozon.Lapisan ini sangat tipis. Berfungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai sinar yang dipancarkan matahari.
  3. Ionosfer. Disinilah tempat sinar infra merah dan ultra violet bergentayangan.
          Sabuk sabuk tersebut adalah tumbuh-tumbuhan. Sebagian tanaman yang ada di Bumi itu ada penting. Hutanlah yang penting. Sebab, hutan ikut serta membangun atmosfer Bumi kita.
        Seiring dengan berjalannya waktu, manusia planet Bumi sudah semakin bertambah banyak. Oleh karena itu, manusia membutuhkan sumber daya yang lebih banyak. Jadi perubahan inilah yang mencemaskan. Karena manusia harus memanfatkan sumber daya sebagai tempat tinggal atau kebutuhan hidup, hutan di Bumi semakin sempit.
          Perubahan lainnya adalah banyaknya industri-industri yang berdiri. Akibatnya asap-asap industri tersebut membungbung kelangit dan merusak lapisan ozon.
          Kecemasan semakin meningkat setelah seorang astronot bernama Kathy Sullivan membawa kabar buruk. Yaitu asap ( kadar karbondioksida) di Bumi semakin meningkat dan tampak bergulung di langit, sehingga merusak lapisan ozon.       
          Semakin banyaknya kadar karbondioksida yang merusak lapisan ozon, Bumi kita terasa semakin panas. Hal ini diakibatkan oleh asap-asap yang menghalangi sinar matahari yang memantul ke langit untuk kembali ke atmosfer atas. Peristiwa ini sering disebut Efek Gas Rumah Kaca.
          Akibat banyaknya asap-asap di Bumi, Lapisan ozon menjadi rusak dan berlubang. Sehingga tidak menutup kemungkinan Bumi dapat ditembus oleh benda-benda di luar angkasa. Akibat dari berlubangnya lapian ozon, di kedua kutub Bumi yaitu gunung-gunung es disana akan mencaur sebab suhu Bumi semakin panas. Cairan es akan mengalir kelaut dan menyebabkan bencana banjir yang luar biasa.
          Gas Karbondioksida membuat Bumi kita menjadi rusak. Oleh karena itu untuk menanggulangi agar bencana itu tak terus berlanjut, salah satunya tidak memanfaatkan hutan secara berlebihan, melenyapkan limbah-limbah pabrik yang berbahaya dll.
          Untuk mengatasi masalah memanasnya suhu bumi yang paling penting adalah perlu segera menghijaukan Bumi. Hutan-hutan harus segera dipulihkan kembali. Hal ini penting karena hanya Bumi yang banyak tanamannya yang dapat mamalihara atmosfer.

          Jadi, Bumi harus dihijaukan kembali. Hutan yang gundul harus segera ditanami, dipekarangan, dipnggir jalan mupun disekitar pabrik. Dimanapun juga perlu ditanami.

-----------------------------------------------

dan untuk contoh lainnya/lengkapnya bisa kalian lihat dalam :
1. Tugas merangkum bahasa indonesia  via slideshare
2. Kumpulan Rangkuman via dropbox

semoga bermanfaat.

CATATAN (NOTE)

"apabila anda kesulitan untuk mengunduh file atau link file ada yang bermasalah, harap berikan komentar anda "
Terimakasih :)

Download Yang Baik dan Benar

Cara Download : setelah klik link download, yg ada di blog, anda akan diarahkan pada halaman iklan sponsor lepas-terbang. anda hanya perlu klik SKIP AD , dan tunggu.